Header AD

intro ads

Makanan keberuntungan untuk tahun baru



Beberapa jenis makanan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan apabila disantap saat malam Tahun baru. Entah mitos atau fakta, kepercayaan ini sudah menjadi semacam tradisi tiap tahunnya dan cukup populer di kawasan Eropa dan Amerika.

Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau biasa dimakan di malam Tahun Baru dengan harapan bisa mendatangkan lebih banyak rezeki selama satu tahun ke depan. Hal itu karena warna hijau dianggap merefleksikan uang kertas. Di antara jenis-jenis sayuran hijau, yang cukup populer dimasak untuk makanan Tahun Baru adalah selada dan kubis.

Buah-buahan
Di malam Tahun Baru, orang Meksiko biasa memecahkan satu butir anggur untuk setiap dentangan detik yang berbunyi saat waktu menunjukkan tepat pukul 12 malam dan kemudian memakannya. Angka 12 juga mewakili jumlah bulan dalam satu tahun. Jika ada buah anggur yang rasanya agak pahit, maka waspadalah dengan bulan tersebut karena kemungkinan akan tertimpa kemalangan atau kurang beruntung. Selain anggur, buah yang juga populer di Tahun Baru adalah pomegranate atau buah delima. Semakin banyak biji buah delima di dalamnya maka kehidupan akan semakin makmur. Sementara buah ara menyimbolkan kesuburan.

Mie dan Bijirin
Mie memiliki bentuk yang panjang dan tak terputus, sehingga dijadikan sebagai simbol panjang umur. Sementara bijirin seperti beras dan gandum menyimbolkan kekayaan yang melimpah ruah, layaknya beras atau gandum yang dipanen. Biasanya makanan ini disajikan dalam bentuk sup, dikukus, dijadikan bubur atau dibuat kue beras.

Cake Bentuk Cincin
Cake bentuk bulat dengan lubang di tengahnya juga menjadi makanan yang banyak disajikan saat malam Tahun Baru. Beberapa ada yang membiarkannya polos tanpa hiasan, ada pula yang menghiasnya dengan buah ceri di atasnya. Cake bentuk cincin ini merupakan simbol kembalinya ke keadaan sempurna seperti sedia kala.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti polong, kacang merah dan kacang kedelai hitam juga menyimbolkan uang. Bedanya, yang disimbolkan bukan uang kertas melainkan uang koin. Dengan menyantap masakan yang terbuat dari biji-bijian, diharapkan keberuntungan akan selalu menyertai sepanjang tahun.

Ikan
Ikan dipercaya mendatangkan keberuntungan karena sisiknya yang berwarna perak dan bulat tipis mirip seperti uang koin. Ikan juga berenang berkelompok dalam jumlah banyak yang menyimbolkan sebuah kelimpahan. Memakan ikan di malam Tahun Baru, berarti juga sebuah harapan untuk hidup yang lebih sejahtera di masa mendatang.



Sumber: dari berbagai sumber.


Makanan keberuntungan untuk tahun baru Makanan keberuntungan untuk tahun baru Reviewed by Astroshiopedia on December 31, 2014 Rating: 5

No comments

Post AD