Header AD

intro ads

Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 1)




1. Feng shui : 
arti harafiahnya adalah Angin dan Air. Energi dibawa oleh angin dan ditampung dalam air,
merupakan ilmu metafisika China yang mangatur tata letak bangunan, disesuaikan dengan karakteristik energinya.


2. Elemen :
dalam metafisika China, segala energi yang ada di alam semesta ini dilambangkan dengan lima elemen, yaitu Air, Kayu, Api, Tanah, Logam. Manifestasi elemen ini sangat luas (warna, musim, pekerjaan, arah mata angin,dll). Misalnya musim, Air merupakan energi musim dingin (winter), Kayu musim semi (spring), Api musim Panas (summer), Logam musim gugur (fall), sementara Tanah berada di setiap masa pergantian musim.


3. Flying Star :
Bintang terbang, merupakan sebuah metode untuk memetakan energi sebuah bangunan ke dalam sembilan sektor, dengan berpedoman pada arah hadap dan tahun pembangunan nya. Setiap sektor akan memiliki 3 bintang, yaitu Mountain Star/ Bintang Gunung (terkait dengan keharmonisan, kesehatan, relationship), Sitting Star/ Bintang Duduk, dan Water Star/ Bintang Air (mewakili aspek kemakmuran). Contoh: 9*1*8 dibaca Bintang Gunung 9, Bintang Duduk 1, dan Bintang Air 8.


4. Fung ling :
Lonceng angin. Dalam aplikasi feng shui, jumlah kaki lonceng yang digunakan adalah 6, dan terbuat dari logam. Difungsikan untuk menetralisir Bintang 2 dan 5 dalam flying star. Bintang 2 & 5 adalah Tanah yang negatif (gangguan kesehatan dan kemakmuran), Tanah harus dilemahkan dengan Logam.


5. Kua :
Seseorang memiliki angka Kua, simbol energi dari formasi pada tahun orang tersebut dilahirkan.


6. Ba Zi
Berarti delapan elemen. Seseorang memiliki energi yang diidentifikasi dari delapan elemen yang terbentuk dari formasi empat pilar (jam, tanggal, bulan, tahun lahir). Setiap pilar meng-kontribusi dua elemen. Ada lima elemen (lihat kamus feng shui #1). Ba Zi ini memiliki penalaran/ analisis yang sangat luas, seperti untuk kesehatan, bisnis/ pekerjaan, partnership (kompatibilitas), feng shui (letak kamar, arah hadap), dll.


7. Luck Period
Periode keberuntungan. Dari data lahir (ba zi), dapat dihitung keberuntungan langit seseorang. Keberuntungan langit yang bagus, artinya elemen dari perjalanan waktu seseorang, merupakan elemen yang memang dibutuhkan orang tersebut. Jika seseorang memiliki keberuntungan langit yang bagus, biasanya dia akan bisa survive dalam berbagai kondisi (feng shui rumah yang jelek sekalipun). Akan tetapi, jika keberuntungan langit kurang mendukung, maka feng shui memiliki peran yang penting.


8. Chi
Disebut juga dengan Nafas Naga. Feng shui bangunan yang baik, artinya memiliki Chi/ berhembus nafas naga. Makhluk hidup memerlukan Chi ini sebagai sumber energi. Deteksi dini apakah sebuah lokasi/ bangunan memiliki Chi yang baik, dapat dilakukan dengan cara melihat lingkungan sekitar, apakah tumbuhan/ pohon dapat tumbuh dengan subur. Untuk bangunan, jika udara panas/ pengap, maka dapat disimpulkan bahwa Chi di bangunan/ ruangan tersebut tidak mengalir dengan baik.


9. Sa Chi
Disebut juga dengan panah pembunuh. Ini berkebalikan dengan Chi. Sa Chi ini harus dihindari, karena memberikan efek buruk bagi yang terkena. Energi yang baik memiliki karakteristik mengalir dengan lembut. Sementara energi yang mengalir dengan deras dan tidak beraturan, berarti energi tersebut buruk. Sa chi dapat muncul dari beberapa kondisi, dan akan berdampak buruk hanya apabila ’menusuk’ pintu. Kondisi tersebut antara lain : posisi tusuk sate, tiang (bendera/ lampu penerang jalan), lorong panjang di depan pintu kamar, sudut bangunan/ atap rumah tetangga, papan penunjuk arah, dll.


10. Grand Duke (Fei Tai Sui)
Merupakan bintang buruk. Bintang ini tidak akan berpengaruh jika tidak diaktifkan. Oleh karena itu, pada sektor ini, jangan melakukan renovasi (membongkar), karena akan mengkatifkan dampak negatif.


11. Periode
Bumi sebagai bagian dari sistem tatasurya, mendapat pengaruh dari kekuatan grafitasi planet lain. Perhitungan pengaruh tersebut dimungkinkan karena formasi yang berubah secara terpola. Ilmu perhitungan ini masuk dalam rumpun astrologi. Dalam feng shui bintang terbang (xuan kong fei xing), pemetaan energi didasarkan pada berlakunya konsep waktu. Waktu adalah bahan baku/ landasan untuk terjadinya segala proses di dunia ini (Lau,2005). Bangsa China kuno mengidentifikasikan bahwa segala sesuatu di alam semesta (terutama planet besar : Jupiter, Saturnus, Merkurius, Venus, dan Mars) bergerak dengan siklus tertentu yang teratur. Siklus tersebut memungkinkan formasi yang sama pada satu titik waktu tertentu (disebut dengan siklus waktu). Satu siklus waktu terdiri dari 180 tahun (Da Yun), terbagi ke dalam 3 siklus (atas, tengah, bawah) masing-masing 20 tahun, sehingga total terdapat 9 periode waktu, yaitu: periode 1 (1864-1883), periode 2 (1884-1903), dan seterusnya hingga sekarang, periode 8 (2004-2023), periode 9 (2024-2043). Setiap periode membentuk formasi energi bintang terbang yang berbeda. Itulah mengapa dibutuhkan informasi kapan sebuah bangunan mulai dibangun untuk memetakan energi bangunan tersebut.


12. Arah Hadap
Selain periode, untuk memetakan energi sebuah bangunan, diperlukan informasi tentang arah hadap sebuah bangunan. Setiap 150, energinya berubah. Arah hadap tidak diukur dari arah pintu utama, tapi pada arah estetika sebuah bangunan. Meski ada 24 arah hadap (lihat kamus feng shui edisi sebelumnya), akan tetapi untuk teknik advance xuan kong fei xing, ada 8 sektor transisi (transition sector) masing-masing 30. Teknik perhitungan energi untuk sektor transisi ini tidak sama dengan arah 24 gunung.


13. Manifestasi Elemen Kayu
Warna: hijau, biru muda. Bentuk: persegi panjang. Kesehatan: liver, tulang leher, tekanan darah, jari. Angka bintang terbang: 3 & 4. Bisnis/profesi, antara lain: insinyur teknologi informasi, arsitek, iklan, komunikasi, public relations, tekstil, kertas, furnitur kayu, pelukis, pengajar, penulis, jurnalis, fotografer, sekretaris, surat kabar, percetakan.


14. Manifestasi Elemen Api
Warna: Merah. Bentuk: segitiga. Kesehatan: jantung, mata, usus halus. Angka bintang terbang: 9. Bisnis/ profesi, antara lain: entertain, pialang saham, restoran, mainan anak-anak, kosmetik, salon kecantikan, optik, pengacara, politikus, dokter, fashion designer, jeweler, medical technician (radiology).


15. Metode Delapan Rumah
Setiap orang memancarkan energi tertentu yang membuatnya berbeda dibanding orang lain. Demikian pula, setiap arah mata angin membawa Chi tertentu, yang mana energi yang dipancarkan tersebut akan mempengaruhi orang yang berbeda tersebut dengan cara yang berbeda pula (Lau,2005). Ada delapan jenis energi (sejumlah dengan arah mata angin), yaitu: Sheng Qi, Tian Yi, Yan Nian, Fu Wei, Jue Ming, Liu Sha, Wu Gui, dan Ho Hai.

Kecocokan energi orang dan arah mata angin, tergolong dalam dua kelompok, yaitu: Barat (Kua 2,6,7,8) dan Timur (Kua 1,3,4,9). Orang dari kelompok timur akan cocok menempati rumah kelompok timur (Timur, Selatan, Utara, Tenggara), orang kelompok barat akan cocok menempati rumah kelompok barat (Barat, Barat Laut, Barat Daya, Timur Laut). 

Cara mengetahui angka kua, misalnya laki-laki lahir 1963, maka angka kua nya adalah: 6+3=9 ? 10-9=1 (kua 1), lahir tahun 1964, 6+4=10 ? 1+0=1 ? 10-1=9 (kua 9). Untuk perempuan lahir 1963: 63-4=59 ? 5+9=14 ? 1+4=5 (Kua 2). Jika dihasilkan angka 5, untuk laki-laki angka kuanya 8, sementara untuk perempuan, menjadi kua 2. Perhatikan, untuk yang lahir pada awal tahun (sebelum 4/5 Februari), perhitungan tahun lahir masih mengikuti tahun sebelumnya, dan jangan berpatokan pada tahun baru imlek (sin cia).


16. Manifestasi Elemen Tanah
Warna: kuning, oranye, krem. Bentuk : bujur sangkar. Kesehatan: perut, limpa. Angka bintang terbang: 2, 5 dan 8. Bisnis/ pekerjaan: industri pengolahan makanan, supermarket, perumahan (pengembang), perbankan, asuransi, akuntan, kerajinan kulit (sepatu, baju, tas), toko bahan bangunan (semen, pasir), toko hasil bumi, pertanian (pupuk), supermarket.


17. Manifestasi Elemen Logam
Warna: putih, emas, perak. Bentuk: bulat/ lingkaran. Kesehatan : paru-paru, usus besar. Angka bintang terbang: 6 dan 7. Bisnis/ pekerjaan: komputer (bekerja dengan komputer), peralatan teknologi tinggi, peralatan komunikasi, pemerintahan, militer, pengacara/ profesi hukum, toko besi, peralatan olah raga, dokter/ klinik gigi, jeweler (perhiasan), kabel listrik,manufaktur mesin.


18. Manifestasi Elemen Air
Warna : biru tua, hitam, abu-abu. Bentuk : bergelombang. Kesehatan : ginjal, kandung kemih, telinga. Angka bintang terbang : 1. Bisnis/ pekerjaan : transportasi, air mineral (isi ulang), cat, minyak, perdagangan, pertukaran mata uang (money changer), spa, bar, sistem pipanisasi, ekspedisi, perkapalan, ekpor-impor, dokter anestesi, ilmuwan, ahli statistik, sales, perawat.


19. Sheng Qi
Merupakan sektor/arah yang membawa kemakmuran (wealth) dan kesuksesan (prosperity). Adapun sektor/ arahnya berturut-turut kua 1-Tenggara, kua 2-Timur Laut, kua 3-Selatan, kua 4-Utara, kua 6-Barat, kua 7-Barat Laut, kua 8-Barat Daya, kua 9-Timur. Energi sheng qi ini akan bekerja jika sektor tersebut aktif (ada aktifitas/ pergerakan yang kontinyu).


20. Formasi Empat Binatang.
Feng shui lansekap didasarkan pada analisis struktur lingkungan alam (natural terrain). Lokasi yang baik, memungkinkan air dan angin mengalirkan energi yang baik pula. Lokasi bangunan yang menguntungkan dapat dilihat dari formasi empat bintang selestial, yaitu kura-kura hitam di belakang, naga hijau di kiri, macan putih di kanan, phoenix merah di depan. Kura-kura hitam, harus tinggi dan kokoh. Naga hijau lebih tinggi dibanding macan putih, sementara phoenix merah harus rendah dan cukup luas. Itulah mengapa duduk/ tidur membelakangi jendela (kaca), membelakangi pintu, membelakangi sudut tebok (ruangan) sangat tidak disarankan.


21. Ho Hai
Berarti ketidakberuntungan yang ringan. Orang yang tinggal di ruangan ini kemungkinan besar akan sering kecewa, sakit ringan. Sektor ho hai untuk tiap angka kua, yaitu : Kua 1- Barat, kua 2-Timur, kua 3- Barat Daya, kua 4-Barat Laut , kua 6- Tenggara , kua 7- Utara , kua 8 -Selatan , kua 9-Timur Laut


22. Jue Ming 
Berarti kehilangan total. Orang yang menempati ruangan dengan Jue Ming, bisa mengalami kegagalan dalam berbisnis (bangkrut). Sektor Jue Ming adalah sebagai berikut: kua 1- Barat Daya , kua 2-Utara, kua 3- Barat,.kua 4-Timur Laut, Kua 6-Selatan, Kua 7-Timur, Kua 8-Tenggara


23. Wu Gui
Disebut juga dengan Five Ghost, yang berarti pertengkaran, sengketa, skandal. Menempati ruangan ini, akan menjadikan penghuninya akrab dengan masalah hubungan (relationship). Sektor Wu Gui ini sesuai dengan angka kua, kua 1-Timur Laut, kua 2-Tenggara, kua 3-Barat laut, kua 4-Barat Daya, kua 6-Timur, kua 7-Selatan, kua 8-Utara, kua 9-Barat.


24. Tian Yi
Terkait dengan masalah kesehatan (health). Jika ada anggota keluarga yang sering sakit, prioritaskan dia untuk menempati kamar yang menjadi sektor tian yi-nya. Sektor tian yi untuk masing-masing angka kua adalah: kua 1-Timur, kua 2-Barat, kua 3-Utara, kua 4-Selatan, kua 6-Timur Laut, kua 7-Barat Daya, kua 8-Barat Laut, kua 9-Tenggara.


25. Yan Nian
Merupakan sektor yang menunjang keharmonisan dan kebahagiaan keluarga (keturunan/anak). Sektor Yan Nian untuk masing-masing angka kua adalah: kua 1-Selatan, kua 2-Barat Laut, kua 3-Tenggara, kua 4-Timur, kua 6-Barat Daya, kua 7-Timur Laut, kua 8-Barat, kua 9-Utara. Bagi yang sedang berusaha mendapatkan keturunan, tidur di kamar yang merupakan sektor Yan Nian dapat dijadikan salah satu opsi.


26. Fu Wei
Berarti stabilitas dan kedamaian. Sektor fu wei untuk masing-masing kua adalah: kua 1-Utara, kua 2-Barat Daya, kua 3-Timur, kua 4-Tenggara, kua 6-Barat Laut, kua 7-Barat, kua 8-Timur Laut, kua 9-Selatan.


27. Trigram
Trigram dikenal juga dengan Ba Gua (baca: pa kua), dihasilkan dari kitab perubahan (I-ching). Simbol Tai Ji melambangkan adanya dua kutub, yin dan yang (2 monogram). Kombinasi yin dan yang menghasilkan tai yin dan tai yang (4 bigram), yang kemudian melahirkan 8 trigram (Ba Gua), yaitu : Chien, Tui, Li, Chen, Sun, Kan, Ken, dan Kun. Setiap trigram mewakili beberapa hal, yaitu: posisi, simbol, relasi, elemen, warna, anggota tubuh, dan angka


28. Liu Sha (six killing)
Adalah sektor buruk yang harus dihindari, berarti enam jenis ketidakberuntungan antara lain kesehatan, kehilangan, kematian, reputasi, kerugian. Sektor liu sha untuk kua 1 adalah Barat Laut, kua 2-Utara, kua 3-Timur Laut, kua 4-Barat, kua 6-Utara, kua 7-Tenggara, kua 8-Timur, kua 9-Barat Daya.


29. Penerapan Feng Shui Delapan Rumah
Tidur dengan posisi kepala ke salah satu arah yang baik, duduk (meja kantor) dengan menghadap salah satu arah baik, letakkan pintu utama di sektor dan menghadap salah satu arah yang baik, letakkan dapur di salah satu sektor buruk, letakkan pemantik kompor menghadap salah satu arah baik anda.


30. Big Tai Chi
Adalah memetakan energi rumah untuk penataan ruangan secara menyeluruh. Misalnya, pintu, kamar tidur, ruang kerja, diletakkan di sektor yang baik. Jika sangat sulit untuk menata sedemikian rupa, maka penataan dilakukan dalam satuan yang lebih kecil, yaitu per-ruangan (small tai chi)


31. Small Tai Chi
Adalah memetakan energi sebuah ruangan. Disebut dengan small tai chi, karena peta energi sama dengan big tai chi, hanya skalanya diperkecil ke dalam sebuah ruangan. Misalnya kamar tidur yang terletak di sektor yang buruk, dapat diatasi dengan cara mengatur tempat tidur dengan arah hadap dan sektor yang baik. Sektor yang baik dalam ruangan tersebut dapat diaktifkan, prinsipnya sama dengan pengaktifkan dalam big tai chi, baik itu untuk teori delapan rumah maupun flying star.


32. Elemen Bintang Terbang 
Dalam teori feng shui bintang terbang (Xuan Kong Fei Xing), terdapat 9 bintang yang terbang mengikuti waktu dan arah. Ke-9 bintang tersebut mewakili satu elemen/ unsur, yaitu: Bintang 1 adalah Air, bintang 2, 5, dan 8 adalah Tanah, bintang 3 dan 4 adalah Kayu, bintang 6 dan 7 adalah Logam, dan bintang 9 adalah Api.


33. Bintang yang menguntungkan (timely).
Kualitas bintang terbang sangatlah dinamis, sejalan dengan bergulirnya waktu. Rumah yang semula feng shui nya bagus, ada kemungkinan menjadi buruk karena perubahan waktu setiap pergantian periode 20 tahunan (lihat kembali kamus feng shui – Suara Merdeka 15 Juni 2008). Untuk periode 6 (1964-1983), bintang yang bagus adalah bintang 6, 7, dan 8. Periode 7, bintang yang bagus adalah bintang 7, 8, dan 9. Periode 8, yang bagus adalah 8,9, dan 1. Bintang 7 yang semula bagus pada tahun 1984-2003, memasuki periode 8 (tahun 2004-2023) menjadi bintang yang mati.


34. Mengganti Periode Rumah 
Periode sebuah rumah bisa diganti, dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan bintang terbang yang bagus pada periode yang berlaku, yaitu dengan melakukan renovasi, dengan syarat membuka atap total (udara bisa masuk dari atas) minimal 24 jam. Akan lebih kuat jika dilakukan pula penggantian keramik (lantai).



Bersambung ke:
Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 2) - Klik Disini






Sumber: Merdeka.




Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 1) Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 1) Reviewed by astroshio pedia on April 06, 2015 Rating: 5

No comments

Post AD